Pages

Selasa, 19 Juni 2012

Tulisan 6 (Bintek PAS)

Bintek  (bimbingan teknis)

Pelaksanaan BINTEK (bimbingan teknis) mengenai Paket Aplikasi Sekolah (PAS) yang dilaksanakan selama 4 hari bertempat di SMAN 8 Tangerang, berjalan lancar, namun dalam pelaksanaan penginputan data baik data sekolah maupun data siswa dan guru peserta masih mengalami kesulitan, walaupun sudah dipandu dengan buku yang dibagikan kepada setiap peserta.

Analisa saya mengenai berbagai kesalahan yang dialami sebagian peserta mungkin dikarenakan :
1. Alur dari program tersebut belum dikuasai oleh peserta
2. Ada beberapa modul yang dilewatkan oleh peserta
Namun pada hari terakhir akhirnya semua peserta mengerti tentang alur pengisian modul yang ada di PAS,


sehingga hanya sebagian peserta yang masih kesulitan dalam hal menampilkan data yang sudah diinputkan.
Hari terkahir setelah semua pekerjaan meng-input data selesai, ada tes mengenai paket aplikasi sekolah yang sudah digunakan selama4 hari. Layaknya seperti siswa ketika diberikan tes ada saja peserta yang belum siap dengan tes tersebut, sehingga menggunakan cara yang tidak baik yaitu mencontek. Memang sech ada beberapa peserta yang tidak mencontek pada buku panduan tapi pada laptop yang masih menampilkan program tersebut, sehingga ketika ada pertanyaan mereka tinggal buka aplikasinya.
Saya termasuk peserta yang mengumpulkan jawaban pertama kali, entah jawabannya benar atau salah saya tidak tahu, saya mengisi setiap pertanyaan berdasarkan logika yang saya hasilkan dalam melakukan input data. Karena hampir setiap pertanyaan mirip dengan
permasalahan saya ketika melakukan input data.
BINTEK telah selesai, ketika kembali ke satuan tugas masing-masing kami wajib menerapkan aplikasi tersebut. Dan alhamdulillah
usulan untuk menerapkan apliaksi tersebut disambut baik oleh pihak sekolah yang berencana mengadakan workshop untuk
memasukan data siswa dan data guru, serta fasilitas sekolah yang didampingi langsung oleh saya tanpa harus melihat buku panduan yang diberikan.
Rencananya workshop akan dilaksanakan setelah selesai KBM itu artinya sore hari yang dimulai pukul 14.30 WIB, selama satu minggu
dan selama waktu pelaksanaan saya harus selalu mendampingi peserta, berarti dengan berat hati saya harus menginggalkan tugas
mengajar di sekolah yang lain dimana saya mengajar. Mudah-mudahan pihak sekolah tempat dimana saya mengajar sore hari mengerti akan kondisi serta yang sedang saya hadapi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar