Pages

Minggu, 04 November 2012

Tugas jenis organisasi

Deskripsi 3 jenis organisasi




OPEC
Opec adalah Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC, Organization of the Petroleum Exporting Countries). Adalah sebuah organisasi antar pemerintah dari dua belas negara-negara berkembang terdiri dari Aljazair , Angola , Ekuador , Iran , Irak , Kuwait , Libya , Nigeria , Qatar , Arab Saudi , di Uni Emirat Arab , dan Venezuela . OPEC telah mempertahankan kantor pusat di Wina sejak tahun 1965, dan tuan rumah pertemuan rutin antara para menteri minyak dari Negara Anggota tersebut. Indonesia mundur pada tahun 2008 setelah menjadi pengimpor bersih minyak, tetapi menyatakan kemungkinan besar akan kembali jika itu menjadi bersih eksportir lagi.
umah pertemuan rutin antara para menteri minyak dari Negara Anggota tersebut. Indonesia mundur pada tahun 2008 setelah menjadi pengimpor bersih minyak, tetapi menyatakan kemungkinan besar akan kembali jika itu menjadi bersih eksportir lagi.


PALANG MERAH INTERNASIONAL
ARTI PALANG MERAH : Suatu perhimpunan yang anggotanya memberikan pertolongan secara sukarela kepada setiap manusia yang sedang menderita tanpa membeda – bedakan bangsa, golongan, agama dan politik.Berawal dengan pecahnya perang antara pasukan Perancis dan Italia melawanAustria pada tahun 1859 di Selferino (Italia Utara), Henry Dunant menyaksikan terjadinya perang tersebut dimana banyak korban perang yang tidak mendapat pertolongan, sehingga timbul ide atau gagasan untuk memberi pertolongan kepada korban perang tersebut. Pengalaman selama beberapa hari bergelut dimedan perang, ia tuangkan di dalam buku yang ditulisnya pada tahun 1962 bejudul “ A Memory of Solferino “ (Kenangan di Solferino). Buku tersebut berkisah tentang kondisi yang ditimbulkan oleh peperangan dan mengusulkan agar dibentuk satuan tenaga sukarela yang bernaung di bawah suatu lembaga yang memberikan pertolongan kepada orang yang terluka di medan perang.


Organisasi Konferensi Islam (OKI)

Organisasi Konferensi Islam (OKI) atau Organization of the Islamic Conference (OIC) adalah Organisasi antar-pemerintahan terbesar kedua setelah PBB yang menghimpun 57 negara di empat benua. OKI adalah suara kolektif dari dunia Muslim dan menjamin untuk menjaga dan melindungi kepentingan Muslim di dunia dalam semangat internasional mempromosikan perdamaian dan keharmonisan di antara berbagai masyarakat dunia. Organisiasi ini didirikan di Rabat, Maroko pada 12 Rajab 1389 H (25 September 1969) dalam Pertemuan Pertama para Pemimpin Dunia Islam yang diselenggarakan sebagai reaksi terhadap terjadinya peristiwa pembakaran Masjid Al Aqsha pada 21 Agustus 1969 oleh pengikut fanatik Kristen dan Yahudi di Yerusalem.
Organisasi regional ini didirikan pada Mei 1971. Pembentukan lembaga yang disponsori oleh Raja Hasan II dari Maroko ini diawali oleh KTT Islam pertama yang berlangsung di Rabat (Maroko), 22-25 September 1969 kemudian ditindaklanjuti dengan Konferensi Tingkat Menteri yang diselenggarakan di Jeddah pada Maret 1970, dan disusul pada Desember 1970 di kota Karachi Pakistan serta Konferensi Tingkat Menteri III di Jeddah 29 Februari-Maret 1972.
Pembentukan organisasi ini sekurang-kurangnya dilatarbelakangi oleh tiga faktor, yaitu: pertama, menguatnya gagasan Pan-Islamisme yang dipelopori oleh Jamaluddin al-Afghani (1839-1897), Muhammad Abduh (1849-1905), dan Muhammad Rashid Ridha (1865-1938) sebagai reaksi terhadap dominasi politik dan ekonomi barat. Kedua, sebagai reaksi atas munculnya paham sekularisme yang antara lain ditandai dengan kemenangan Musthafa Kemal at-Taturk (1881-1938) yang pada 1923 mendirikan Republik Turki dari puing-puing reruntuhan Kerajaan Ottoman dan nasionalisme Arab yang dibawa oleh Gamal Abdul Nasser (1918-1970). Ketiga, sebagai dampak dari terjadinya konflik Arab-Israel, khususnya perang 1967 yang mengakibatkan jatuhnya kota suci al-Quds (Yerusalem) yang di dalamnya terdapat Masjid al-Aqsha ke tangan Israel. Di antara tokoh yang mempelopori pembentukan OKI terdapat nama-nama seperti Raja Faisal dari Arab Saudi dan Tunku Abdul Rahman dari Malaysia.

Jelaskan tujuan organisasi tersebut & manfaatnya ?


Tujuan opec
- Koordinasi dan unifikasi kebijakan perminyakan antar negara anggota;
- Menetapkan strategi yang tepat untuk melindungi kepentingan negara anggota;
- Menerapkan cara-cara untuk menstabilkan harga minyak di pasar
- internasional sehingga tidak terjadi fluktuasi harga;
- Menjamin income yang tetap bagi negara-negara produsen minyak;
- Menjamin suplai minyak bagi konsumen;
- Menjamin kembalinya modal investor di bidang minyak secara adil

TUJUAN PMI :
Meringankan penderitaan sesama manusia apapun sebabnya, dengan tidak membedakan golongan, bangsa, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Tujuan pembentukan organisasi ini adalah: pertama, menggalang solidaritas Islam di kalangan para anggotanya; kedua, konsolidasi dan kerjasama di kalangan para anggotanya di bidang-bidang ekonomi, sosial, budaya, iptek, dan bidang-bidang lain yang dianggap penting; ketiga, melakukan konsultasi dan kerjasama di kalangan negara-negara anggota di berbagai organisasi internasional; keempat, mengeliminasi diskriminasi rasial dan kolonialisme dalam segala bentuknya; kelima, mendukung perdamaian internasional dan terciptanya tatanan politik internasional yang adil.[12]

TUJUAN OKI
Di dalam struktur OKI ada tiga badan utama, yaitu: pertama, Konferensi Tingkat Tinggi atau juga yang disebut sebagai konferensi para raja dan kepala Negara/pemerintahan; kedua, Konferensi Para Menteri Luar Negeri; ketiga, Sekretariat Jenderal. Namun pada KTT di Thaif, Arab Saudi (Januari 1981) diputuskan untuk mendirikan Mahkamah Hukum Islam Internasional sebagai organ keempat OKI.

Struktur organisasi berdasarkan tipe dan bentuk nya


Sumber : http://www.peutuah.com/pengertian-opec/
http://fok4l.wordpress.com/sejarah-palang-merah-internasional/
http://yankoer.multiply.com/journal/item/268/OKI_Sebagai_Organisasi_Internasional
http://www.postel.go.id/content%5CID%5Cpostel%5Cimages%5Cstruktur_ditki.gif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar