Pages

Senin, 29 April 2013

Android

 Jakarta, 29 April 2013

OK, artikel ini mungkin sedikit flashback membahas tentang android. Istilah Android semakin lama semakin populer saja. Kepopulerannya kini menandingi hingga saat ini mungkin bisa dikatakan bahwa Android mengalahkan kepopuleran Blackberry atau yang lebih dikenal dengan sebutan BB yang beberapa tahun belakangan ini sedang diatas angin. Tetapi jika di tanya tentang apa itu Android, apakah Anda dapat menjawabnya? Sebelum Anda memutuskan untuk membeli produk yang menggunakan sistem operasi Android, ada baiknya kita membahas apa itu Android. Berikut ini beberapa definisi Android yang saya dapat dari beberapa sumber.
Definisi pertama yang diungkapkan oleh Wikipedia yang mendefinisikan Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Lebih lengkap lagi, menurut Ajith Abraham, Jamie Lloret Mauri dan John Buford mengemukakan bahwa Android adalah sistem operasi milik Google. Sistem operasi ini berbeda dengan sistem operasi yang sebelumnya bisa digunakan pada mobile devices, notebook, dan komputer. Sejalan dengan pendapat dari Ajith Abraham, Jamie Lloret Mauri dan John Buford, Matamaya Studio menjelaskan bahwa Android merupakan sistem operasi dari Google yang bersifat open source, sehingga berbeda dengan windows dimana kita harus membeli lisensinya. Disisi lain, situs resmi Android, www.android.com, tidak menjelaskan secara gamblang tentang definisi Android, situs tersebut hanya menjabarkan secara sederhana dengan menjelaskan bahwa Android merupakan kekuatan baru bagi jutaan ponsel, tablet, dan perangkat lain yang membawa kecepatan Google dan web ke tangan Anda.
Anda tentu telah mengenal beberapa sistem operasi pada beberapa merk-merek telepon selular yang sudah sangat terkenal misalnya sistem operasi Symbian pada Nokia, iOS pada Apple, serta Blackberry OS pada BB. Android, merupakan salah satu jenis sistem operasi tersebut. Bedanya, Android tidak terikat satu merk telepon seluler saja. Beberapa merk telepon selular terkenal sudah menggunakan sistem operasi Android diantaranya Samsung, HTC, Nexus, Sony Ericsson, Motorolla, dan masih banyak lagi.
Siapa yang tidak mengenal Android di jaman sekarang ini? Saya rasa tidak ada yang tidak mengenalnya. Kepopuleran sistem operasi ini bahkan menyamai seniornya yaitu Blackberry OS. Banyak sekali sesuatu yang terbesit di pikiran ketika sedang membicarakan atau mendengar istilah Android. Salah satunya adalah si robot hijau Android yang kita kenal sebagai maskot Android. Banyak sekali orang yang penasaran dengan logo Android yang berwarna hijau itu. Begitu pula dengan saya. Ketika mencarinya di internet Anda pasti akan kecewa karena pihak Android tidak atau belum pernah menyinggung asal-usul maskot perusahannya tersebut. Namun, ada beberapa sumber yang mencoba mengungkap asal-usul si robot hijau Android tersebut. Ada yang mengira bahwa wujud maskot Android tersebut terinspirasi dari sebuah game yang berjudul Gauntlet : The Third Encounter buatan Atari. Dalam game tersebut, terdapat beberapa karakter diantaranya Nerd, Punkrocker, Pirate dan Android. Yang mengejutkan, bentuk logo Android tersebut memang sangat mirip dengan salah satu tokoh pada game tersebut yang juga bernama Android. Sementara itu jika dibandingkan dengan tokoh-tokoh lainnya, tidak ada persamaan sedikit pun alias sangat berbeda. Android versi Android dan Android versi Atari sama-sama memiliki ukuran yang sama, mata yang berbentuk titik, dan antenna. Perbedaan dari keduanya hanyalah dari segi warna saja. Seperti yang kita ketahui selama ini, si robot Android versi Android berwarna hijau terang sedangkan robot Android versi game yang muncul pada tahun 90an tersebut berwarna abu-abu. Beberapa situs juga mempertanyakan mengapa hal ini bisa terjadi hingga ada juga beberapa penulis pada situs-situs tersebut berfikir bahwa mungkin si pembuat maskot tersebut adalah salah satu fans fanatik dari game tersebut. Memang terdengar konyol, tapi hal itu bisa saja terjadi, bukan?

sumber : http://duniandroid.com/category/artikel/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar