Pages

Kamis, 30 Oktober 2014

BAB 3 JENIS-JENIS ANCAMAN THREAT MELALUI IT dan KASUS-KASUS CYBER CRIME

Teknologi Informasi
1. Pengertian Kejahatan Komputer (Cyber Crime)
Dalam beberapa literatur, kejahatan komputer atau sering disebut juga
cyber crime
sering diidentikkan sebagai c
omputer crime
.
The U.S. Department of Justice
memberikan pengertian
computer crime
sebagai: ”…
any illegal act requiringknowledge of computer technology for its perpetration, investigation, or prosecution
“(“...setiap tindakan ilegal yang membutuhkan pengetahuan
teknologi komputer untuk perbuatan, penyidikan, atau
penuntutan”).
Pengertian lainnya diberikan oleh
Organization of European Community Development
, yaitu: “
any illegal,unethical or unauthorized behavior relating to the automaticprocessing and/or the transmission of data
“ (“setiap p
erilakuilegal, tidak etis atau tidak sah yang berhubungan dengan proses otomatis dan/atau transmisi
data”).

Andi Hamzah
dalam bukunya “Aspek
-
aspek Pidana di Bidang Komputer” (1989)
mengartikan
cyber crime
sebagai kejahatan di bidang komputer secara umum dapat diartikansebagai penggunaan komputer secara ilegal.Sedangkan menurut
Eoghan Casey
:


Cyber crime is used throughout this text to refer to any crime that involves
computer and networks,
including crimes that do not rely heavily
on computer“

(“
Cyber crime digunakan di seluruh teks ini untuk mengacu pada setiapkejahatan yang melibatkan komputer dan jaringan, termasuk kejahatan yang tidak bergantung
pada komputer”)
.
Ia mengkategorikan
cyber crime
dalam 4 kategori yaitu:1.

A computer can be the object of Crime.
(Komputer dapat menjadi objek kejahatan)2.

A computer can be a subject of Crime.
(Komputer dapat menjadi subjek kejahatan)3.

The computer can be used as the tool for conducting or planning a Crime.
(Komputerdapat digunakan sebagai alat untuk melakukan atau merencanakan kejahatan)4.

The symbol of the computer itself can be used to intimidate or deceive.
(Simbol darikomputer itu sendiri dapat digunakan untukmengintimidasi atau menipu)POLRI dalam hal ini unit
cyber crime
menggunakan parameter berdasarkan dokumenkongres PBB tentang
The Prevention of Crime and The Treatment of Offenders di Havana
,Cuba pada tahun 1999 dan di Wina, Austria tahun 2000, menyebutkan ada 2 istilah yangdikenal :a.

Cyber crime in a narrow sense
(dalam arti sempit) disebut
computer crime: any illegalbehaviour directed by means of electronic operation that target the security of computer system and the data processed by them.
(kejahatan komputer: setiap perilaku ilegaldiarahkan dengan cara operasi elektronik yang menargetkan keamanan sistem komputerdan data yang diolah oleh mereka).b.

Cyber crime in a broader sense
(dalam arti luas) disebut
computer related crime: anyillegal behaviour committed by means on relation to, a computer system offering or system or network, including such crime as illegal possession in, offering or distributinginformation by means of computer system or network.
(kejahatan terkait komputer: setiapperilaku ilegal yang dilakukan dengan cara di sehubungan dengan, penawaran sistemkomputer atau sistem atau jaringan, termasuk kejahatan seperti kepemilikan ilegal,menawarkan atau mendistribusikan informasi melalui sistem komputer atau jaringan).Dari beberapa pengertian di atas,
cyber crime
dirumuskan sebagai perbuatan melawanhukum yang dilakukan dengan memakai jaringan komputer sebagai sarana/alat atau komputersebagai objek, baik untuk memperoleh keuntungan ataupun tidak, dengan merugikan pihak lain.

4. Jenis-jenis Ancaman (threat) Pada Komputer
Ada beberapa jenis ancaman (threat) yang mengganggu keamanan komputer, antaralain:
1.VirusVirus komputer adalah sebuah program kecil yang memasuki komputer anda danmembuat komputer anda memproduksi bsnysk salinan yang dikirimkan ke komputer lain.Virus dapat membawa salinan mereka ke program lain atau pesan-pesan email danmenginfeksi komputer yang menjalankan program atau melampirkan email.

2.WormWorm memanfaatkan celah-celah keamanan komputer. Ia meneliti jaringan komputeryang mempunyai celah keamanan dan menyebarkan dirinya dengan sebuah salinandirinya sendiri. Ia dapat meminta komputer yang terinfeksi untuk meminta halaman webyang sama secara berulang-ulang atau mengirimkan email sampah ke alamat email yangsama, membanjiri server target dengan permintaan pelayaan.

3.Virus MakroMakro adalah serangkaian perintah yang dapat dikombinasikan dan diberi namatunggal untuk eksekusi dengan kombinasi keystroke. Makro yang ditulis dengan tujuanmenyebabkan masalah pada penggunanya disebut virus makro.4.

4.Trojan HorseAdalah sebuah program yang megklaim bahwa ia melakukan sesuatu, tetapisesungguhnya melakukan yang lain. Ia mengklaim sebagai perangkat lunak game atauaplikasi, tetapi ketika anda menjalankannya, ia dapat merusak file anda.

5.Virus E-mailMenyebar dengan melekatkan dirinya ke pesan email, sehingga ia secara otomatismenciptakan dan mengirim virus.

6.E-mail BomE-mail Bomb bukanlah pesan email tunggal, tetapi sejumlah besar pesan email yangdikirim kealamat yang sama untuk membanjiri layanan email.

7.HoaxAnda dapat diperdaya untuk merudak komputer anda. Seseorang dapat menyamarmenjadi pakar yang mengingatkan anda mengenai file yang berbahaya pada konputeranda, file tersebut mungkin adalah bagian terpenting dari sistem operasi.

8.TrapdoorTitik masuk tak terdokumentasi rahasia di satu program untuk memberikan aksestanpa metode-metode otentifikasi normal. Trapdoor adalah kode yang menerima suatubarisan masukan khusus atau dipicu dengan menjalankan ID pemakai tertentu atauberisan kejahatan tertentu. Trapdoor menjadi ancaman ketika digunakan pemrogram jahatuntuk memperoleh pengaksesan tak diotorisasi

9.Logic BombLogik yang ditempelkan pada program komputer agar memeriksa suatu kumpulankondisi di sistem. Ketika kondisi-kondisi yang dimaksud ditemui, logic mengeksekusisuatu fungsi yang menghasilkan aksi-aki tak diotorisasi.Logic Bomb menempel pada suatu program resmi yang diset meledak ketika kondisi-kondisi tertentu dipenuhi

10.BacteriaProgram yang mengkonsumsi sumber daya sistem dengan mereplikasi dirinya sendiri.Bacteria tidak secara eksplisit merusak file. Tujun program ini hanya satu yaitumereplikasi dirinya. Program bacteria yang sederhana bisa hanya mengeksekusi duakopian dirinya secara simultan pada sistem multiprogramming atau menciptakan dua filebaru, masing-masing adalah kopian filr program bacteria. Kedua kopian ini kemudianmengkopi dua kali, dan seterusnya.

11.SpamAdalah sejenis komersial email yang menjadi sampah mail (junkmail). Para spammerdapat mengirimi jutaan email via internet untuk kepentingan promosi produk/infotertentu. Efeknya sangat mengganggu kenyamanan email pengguna dan berpotensi jugamembawa virus/worm/trojan.

12.SpywareSpyware adalah suatu program dengan tujuan menyusupi iklan tertentu (adware) ataumengambil informasi penting di komputer pengguna. Spyware berpotensi mengganggukenyamanan pengguna dan mencuri data-data tertentu di komputer pengguna untuk dikirim ke hacker. Efek spyware akan mengkonsumsi memory komputer sehinggakomputer menjadi lambat atau hang

Sumber: http://www.scribd.com/doc/51950066/MODUS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar